KUBU RAYA, TBNEWSPOLRESKUBURAYA.COM - Menghadapi permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang semakin marak dikabupaten Kubu Raya, Polres Kubu Raya meningkatkan upaya pemadaman dan memperkuat pendekatan dengan masyarakat. Melalui kegiatan "Jum’at Curhat Ngopi Presisi", Polri berupaya mendekatkan diri untuk memperkuat sinergitas dengan warga dalam menjaga situasi kamtibmas dan kebersamaan menanggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).


Pertemuan yang digelar Jumat, 11 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB, berlokasi di Posko Damkar Teluk Kapuas, Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya ini, untuk mempererat silaturahmi antara aparat kepolisian, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan relawan Damkar Teluk Kapuas. 


Dalam dialognya, Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., menekankan pentingnya hubungan baik serta kerjasama antara kepolisian dan masyarakat demi mencapai tujuan bersama dalam menjaga keamanan wilayah serta menanggulangi bencana karhutla di Kabupaten Kubu Raya, khususnya Desa Teluk Kapuas.


"Kami berharap masyarakat tidak membuka lahan dengan membakar, demi mencegah dampak buruk dari kebakaran hutan yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan," ungkap Kapolres.


Dalam forum tersebut, Kapolres menyerukan kerja sama yang erat antara Polisi dan masyarakat, khususnya Desa Teluk Kapuas, dalam menangani karhutla yang sedang melanda di beberapa Desa dan Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Ia juga mengajak pemangku kepentingan desa untuk aktif membantu dengan cara membuat kanal atau embung air, untuk meminimalkan dampak dari karhutla agar tidak meluas.


Kapolres juga mengingatkan pentingnya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Ia meminta masyarakat untuk proaktif melaporkan setiap tindakan kriminal ke Polres Kubu Raya maupun Polsek setempat.


Sementara itu, Kepala Desa Teluk Kapuas, A. Halim. AR, menyatakan komitmennya untuk mendukung upaya pencegahan karhutla. Desa Teluk Kapuas, kata Halim, telah memiliki Posko Damkar dan peralatan pemadam kebakaran untuk membantu pihak Kepolisian dalam penanggulangan karhutla di Kabupaten Kubu Raya khususnya Desa Teluk Kapuas.


"Kami siap bekerjasama dengan Polres Kubu Raya dalam menangani Karhutla, terutama di wilayah Desa Teluk Kapuas," kata A. Halim. AR.


Selama kegiatan, masyarakat juga berkesempatan menyampaikan berbagai pertanyaan yang langsung dijawab oleh Kapolres. Mulai dari tindak pidana pencurian,hingga solusi kemacetan di Kubu Raya.


Dengan kegiatan "Jum’at Curhat Ngopi Presisi", Polres Kubu Raya berharap dapat lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai mitra dalam menjaga kamtibmas serta penanggulangan bencana Karhutla yang melanda Kabupaten Kubu Raya.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama